PANTAI APRA SINDANG BARANG pantai yang mampu memanjakan wisatawan

PANTAI APRA adalah sebuah pantai yang berada dicianjur selatan tepatnya ±300m dibelakang alun-alun sindangbaramg. 
Pantai apra yang hanya berjarak ± 43,5km dari PANTAI JAYANTI ini walaupun masih sepi pengunjung namun pantai apra ini sesungguhnya banyak menyimpan obyek wisata yang pantas untuk dapat dinikmati,
Dengan ombaknya yang besar yang bisa kita manfaatkan untuk berolahraga selancar dan dengan hamparan pasirnya yang luas kita juga dapat melakukan segala aktifitas seperti berkemah pada malam hari dan disiangnya kita dapat berjemur, berenang atau dijadikan tempat untuk mengadakan sebuah event.
pantai apra yang juga sebuah muara dari salah satu sungai yang  berada dicianjur yaitu sungai cisadea membuktikan bahwa pantai apra ini  memiliki segudang obyek yang bisa dijadikan destinasi wisata.
Berjarak ± 108 km dengan waktu 3jam ± 40menit dari kota cianjur dan ± 75,3 km dengan waktu ± 2jam 40menit  dari alun-alun cibeber cianjur, 

Berokasi di:
Desa saganten, kecamatan sindangbarang cianjur jawa barat 43272 .






AKSES JALAN

Dengan kondisi jalan baik dengan lalu lintas normal, yang perlu diperhatikan selepas alun-alun cibeber akan banyak ditemukan jalan yang berliku dengan pepohonan besar disisinya dengan pemandangan yang sangat indah berlatar bukit-bukit disetiap sisi jalan jadi walaupun dalam perjalanan panjang kita akan tetap merasa nyaman karena teduhnya pepohonan dipinggir jalan, namun harus extra hati-hati ya sobat blogger jika melakukan perjalanan pada malam karena disini akan sangat gelap sekali karena minimnya penerangan.. 


RUTE

Berangkat dari KOTA CIANJUR melalui jalan raya cibeber menempuh jarak ±16,8km hingga tiba di ALUN-ALUN CIBEBER lurus terus tetap dijalan raya cibeber ±19,5 km hingga masuk daerah CAMPAKA lalu lanjut pada jalan raya campaka-sukanegara melewati SUKANAGARA dan PAGELARAN lalu lanjut di jalan raya SINDANGBARANG menempuh jarak ± 85,9 km dari campaka hingga sampai ke Alun-alun sindangbarang masuk dari alun-alun sindangbarang karena PANTAI APRA Tepat berada dibelakang alun-alun.



ASAL USUL NAMA PANTAI APRA.

Menurut cerita rakyat pantai ini adalah sebuah pantai yang sempat dijadikan sebuah markas angkatan bersenjata yang pernah ada sebelum jaman kemerdekaan yaitu Angkatan perang rakyat alam semesta, namun ada juga yang bilang (angkatan perang  ratu adil) yang disingkat APRA.
Dan dari singkatan itulah pantai ini diberi nama pantai APRA.
Namun karena minimnya informasi jadi kami tidak mendapatkan informasi kapan tepatnya tahun keberadaan angkatan perang tersebut.


Menjadi penopang hidup sebagian kecil penduduk seputar pantai apra dengan menjadi nelayan. Terlihat disore hari begitu banyak nelayan yang menjaring ikan ditepian pantai dan ada juga yang menggunakan perahu untuk menangkap ikan ditengah laut, yang hasil tangkapanya langsung dijual pada pelelangan atau dikomsusi sendiri.



Namun sayang sekali ketika saya berada disini terlihat banyak sekali tumpukan-tumpukan sampah yang seakan sedikit menutupi keindahan pantai...
Andai dapat terkelola dengan baik pantai apra dengan segala keindahannya pasti akan banyak menarik lebih banyak pengunjung.
Nah buat sobat bloggers yang belum pernah ke pantai ini.. buruan manfaatan waktu berlibur kita nikmati segala keindahan pantai apra yang jauh dari kebisingan akibat segala aktifitas manusia.
WISATA PANTAI APRA INI...




SALAM KOMPAK.. SEHAT... N SUKSES SELALU

Comments

  1. manta p mas bro kapan kita bisa lagi nikmati indahnya alm idonesia tercinta .

    ReplyDelete

Post a comment

Indahnya alamku

WISATA JAGABAYA dermaga cokelat cianjur

PANTAI WONOKERTO KULON.. pantai sejuta cerita

Cerita kita di candi borobudur

SITUS GUNUNG PADANG CIANJUR JAWA BARAT