Pesona curug citambur cianjur

Seakan tak pernah habis destinasi wisata alam yang ada dicianjur khususnya wisata air terjun atau yang juga disebut sebagai curug. berjarak ± 86,7 km dari kota cianjur dan ±50,9 km dari pagelaran tedapat sebuah curug yang sangat mempesona yang bernama curug citambur sebuah curug dengan airnya yang sangat dingin dan memiliki beberapa tingkatan air terjun dengan tingkat tertinggi ±116m dengan debit air yang cukup deras sehingga menimbulkan uap air yang membentuk seperti awan tipis dan menimbulkan suara gemuruh akibat jatuhnya air yang cukup keras.
sangat tidak disarankan berada dibawah tepat dititik jatuh air.




Berlokasi di : 
Desa karangjaya, kecamatan pasir kuda
kabupaten cianjur jawa barat.

   TICKET MASUK            Rp: 15.000   
   PARKIR      Rp: 2000/motor  
      Rp: 5000/mobil
   JAM BUKA      24 jam / 7hari
    FASILITAS       • Toilet umum
       • Mushola
       • Lahan parkir   
    OBYEK WISARTA       • wsata air terjun
       • wisata alam
       • wisata berkemah
       • spot-spot berfoto   
  



AKSES JALAN.

Berangkat dari kota cianjur selepas alun-alun cibeber kita akan banyak disuguhi pemandangan-pemandangan alam berlatar bukit-bukit yang sangat indah dengan kondisi jalan berliku liku. membutuhkan waktu ±3jam 40menit untuk sampai ke curug citambur menggunakan sepeda motor
Namun sangat tidak disarankan melakukan perjalanan pada malam hari, jalan akan terasa sangat gelap sekali karena minimnya penerangan yang ada dipinggir jalan.


RUTE:

CIANJUR KOTA - CIBEBER - CAMPAKA - PAGELARAN - SUKAJAYA- KARANGJAYA


Berjarak ±200m menuju lahan parkir curug citambur dari gerbang masuk yang didepannya juga terdapat kantor desa karangjaya. Lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga sampai curug citambur


ASAL USUL NAMA CURUG CITAMBUR.

Ada dua versi mengapa curug ini diberi nama curug citambur.

• Karena suara air yang jatuh dari atas kebawah berdegum layaknya alat musik tambur yang dipukul sehingga diberi nama citambur, namun seiring waktu suara itu menghilang karena debit air yang menyusut

• Masih menjadi bagian dari sebuah kerajaan tanjung anginan yang berpusat di daerah pasirkuda yang dipimpin oleh prabu tanjung anginan. Keberadaan kerajaan tersebut ditandai adanya sebuah batu besar yang dipercayai warga bahwa batu tersebut adalah kursi dari seorang raja, namun tidak ada informasi pasti tentang kapan berdirinya kerajaan tersebut . 
Dan Curug tersebut adalah suatu tempat yang dijadikan tempat mandi raja yang selalu ditenggarai suara tambur yang dipukul oleh para pengawalnya ketika raja ingin mandi yang suara degumannya tersebut dapat terdengar hingga jauh sehingga curug ini diberi nama curug citambur oleh warga pasirkuda.

Dibalik asal usul yang ada mengapa curug ini diberi nama curug citambur yang pasti curug ini sangat mempesona dan banyak menyimpan keindahan yang tersembunyi.


Popular posts from this blog

WISATA JAGABAYA dermaga cokelat cianjur

PANTAI WONOKERTO KULON.. pantai sejuta cerita

PESONA CANDI BOROBUDUR magelang jawa tengah

SITUS GUNUNG PADANG CIANJUR JAWA BARAT